Ikan koi showa merupakan ikan yang cukup sering dikatakan sulit untuk dipelihara, hal ini dikarenakan warna ikan yang cenderung berubah ketika ikan mengalami pertumbuhan. Hal ini membuat para penghobi harus jeli saat memilih, memprediksi, dan memiliharanya.

Ikan ini merupakan ikan yang masuk di keluarga Gosanke, dimana terdapat 3 jenis yakni Kohaku, Sanke, dan Showa. Dengan presentase warna 40% merah, 20% putih dan 40% Hitam, dan untuk showa sendiri memiliki presentase warna yang sama dari ketiga warna tersebut. Untuk anda yang sedang ingin membeli ikan koi jenis ini, kami sarankan anda membeli ikan langsung ke tempat jual ikan koi. Pastikan anda meletakkan koi di kolam yang memiliki aliran air yang cuku deras atau hard water, karena kolam seperti ini mampu meningkatkan kualitas warna ikan anda.

Berikut ini point-point dalam pemilihan ikan showa ini, hal ini yang dituturkan oleh Dr. Arthur Lembke:

  1. Memiliki pola kohaku yang baik, karena ikan showa ini memiliki kandungan warna seperti ikan kohaku. Anda perlu memperhatikan pola yang dimiliki ikan, mulai dari garisnya, kecerahan warnanya, dan kebersihan warna ikan.
  2. Kepala ikan memiliki 3 pola warna yang sama jumlahnya, yakni merah, hitam dan putih.
  3. Pola warna yang terletak di kepala dan paling baik adalah pola kohaku, dimana pada kepalanya membentuk strip V dengan warna hitam.
  4. Perlu anda ketahui, bahwa pola warna hitam di ikan showa akan terus berkembang. Anda perlu memilih ikan yang memiliki warna merah yang cukup banyak, sehingga nanti saat besar ikan akan memiliki dominasi warna yang seimbang.
  5. Anda tak perlu bingung saat berada di tempat penjualan, namun anda tidak menemukan warna merah cerah di tubuh ikan showa. Karena seiring pertumbuhan ikan, maka warna orange pada tubuh showa akan berubah menjadi merah cerah.
  6. Pectoral fin atau sirip ikan idealnya keseluruhan berwarna hitam, kecuali untuk bagian luarnya.
  7. Pastikan saat membeli ikan siripnya tidak berwarna merah, semua sirip harus berwarna putih ataupun sedikit hitam.