Kecerdasan bayi bisa dibentuk sejak dalam kandungan dan sangat efektif untuk mengoptimalkannya setelah lahir nanti. saat berada di dalam kandungan, kemampuan janin dalam merespon sangat baik. Anda harus memanfaatkan kesempatan ini. Lakukanlah beberapa kebiasaan positif ini untuk menunjang kecerdasan bayi di dalam kandungan.

  1. Mengonsumsi Asupan Bernutrisi

Asupan bernutrisi sangat penting untuk menyehatkan kondisi ibu dan janin selama kehamilan. Makanan dan minuman sehat sangat diperlukan guna memenuhi kebutuhan gizi ibu dan janin. Karenanya, konsumsilah makanan bergizi seimbang yaitu empat sehat lima sempurna. Penuhilah kebutuhan karbohidrat, protein, zat besi, vitamin, dan mineral.

Minuman sehat seperti susu atau cokelat hangat sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, seperti kalsium, protein, vitamin, dan mineral. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi air putih untuk melancarkan metabolisme tubuh.

  1. Menghindari Junk Food

Junk food adalah makanan kegemaran masyarakat milenial tentunya. Akan tetapi, tahukah Anda bahaya dari junk food ini? Saat hamil, Anda dianjurkan untuk menghindari junk food atau makanan instan yang mengandung banyak pengawet dan penyedap. Tak hanya itu, kandungan nutrisi di dalamnya tidak optimal untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

  1. Berbicara dengan Janin

Komunikasi dengan buah hati sangat penting diperhatikan. Lakukanlah komunikasi dengan buah hati secara rutin sejak di dalam kandungan. Mulailah dengan menyapa, mengelus, dan mengajaknya berbicara. Dengan kebiasaan mengajak janin berkomunikasi, hubungan emosional antara ibu dan anak semakin kuat. Suara Anda dan pasangan semakin dikenalnya.

Komunikasi tersebut akan memudahkan Anda dalam memberikan rangsangan positif kepada janin agar bisa bersosialisasi. Rangsangan positif ini sangat membantu meningkatkan kecerdasan janin untuk merespon semuanya. Pada umumnya, respon yang diberikan adalah berupa tendangan, baik keras, maupun tidak.

  1. Bernyanyi dan Bermain Musik

Bernyanyi merupakan kegiatan positif yang sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan bayi selama berada di dalam kandungan. Suara merdu dari ibu akan memberi rangsangan positif dan janin bisa merespon dengan mendengarkan dari dalam sana. Ibu juga bisa sambil berinteraksi untuk mengajaknya bernyanyi bersama.

Selain bernyanyi, bermain musik juga termasuk kegiatan yang menyenangkan. Relaksasi bisa berhasil dilakukan dengan bermain musik. Bagi Anda yang bisa memainkan alat musik, mainkanlah secara rutin saat hamil karena bisa merelaksasi dan membuat bayi familiar dengan suara musik. Anda juga bisa meminta pasangan memainkan musik.

  1. Berjemur

Berjemur merupakan suatu kegiatan positif untuk menunjang kecerdasan motorik bayi sejak berada di dalam kandungan. Kecerdasan ini terjadi karena pengoptimalan kesehatan tulang dan anggota geraknya ketika Anda rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi yang masih sehat dan mengandung bisa mengubah pro-vitamin D menjadi vitamin D.

  1. Berolahraga Teratur

Olahraga teratur sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda dan janin di dalam kandungan. Olahraga ini juga mampu merelaksasi tubuh saat hamil agar bisa lebih aktif bergerak dan tidak mudah lelah.

Kekuatan tubuh juga terbentuk karenanya. prenatal yoga sangat cocok diterapkan saat hamil. Tak hanya itu, prenatal yoga juga memungkinkan Anda mudah melakukan posisi sex dengan fleksibel saat hamil, namun tetap memperhatikan keamanan bayi di dalam kandungan.

Berbagai kegiatan positif tersebut dianjurkan Anda lakukan untuk membentuk kecerdasan bayi mulai dari kecerdasan intelektual, motorik, dan emosional. Kegiatan positif tersebut memberikan rangsangan kepada janin, sehingga ia bisa merespon dari dalam sana. Setiap kegiatan tersebut bisa menunjang komunikasi yang baik, termasuk bisa menularkan bakat.